ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP 8 MUHAMMADIYAH BATU
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP 8 MUHAMMADIYAH BATU
|
|
Creator |
Megasari, Astri
Abidin, Zainal Hasana, Siti Nurul |
|
Description |
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal berbentuk pemecahan masalah matematis ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) pada materi pola bilangan peserta didik kelas VIII SMP 8 Muhammadiyah Batu dan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) pada materi pola bilangan peserta didik kelas VIII SMP 8 Muhammadiyah Batu. Subyek penelitian adalah 27 peserta didik kelas VIII SMP 8 Muhammadiyah Batu. Subyek penelitian yang dipilih selanjutnya dikategorikan ke dalam klasifikasi tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi, sedang, dan rendah yang memiliki jawaban soal tes yang unik atau khas berbeda dengan subyek lainnya dan selanjutnya dikelompokkan ke dalam klasifikasi tingkat Adversity Quotient (AQ) climbers, camper, dan quitters. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian disajikan berdasarkan klasifikasi tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis yang kemudian mendeskripsikan bagaimana cara-cara yang dilakukan oleh peserta didik yang memiliki jawaban unik atau khas yang berbeda dengan subyek lainnya. Adapun cara-cara tersebut yaitu dengan memahami masalah, merencanakan cara penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan mengulang kembali hasil dan proses. Hasil rata-rata tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis pada setiap klasifikasi tingkat kemampuan pemecahan masalah yaitu 81,17 untuk tingkat klasifikasi tinggi, 77 untuk tingkat klasifikasi sedang, dan 51,21 untuk tingkat klasifikasi rendah.Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, Adversity Quotient (AQ), pola bilangan
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
Universitas Islam Malang
|
|
Date |
2021-04-07
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10712
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10712/8465
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/10712/1298 |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|