KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIC PADA MATERI POLA BILANGAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 2 NGORO
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIC PADA MATERI POLA BILANGAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 2 NGORO
|
|
Creator |
Jannah, Roudhotul
|
|
Description |
AbstrakTujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada matenri pola bilangan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngoro. (2) untuk mengetahui apakah ada perbedaan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada matenri pola bilangan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngoro. (3) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika dan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada matenri pola bilangan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (Mix Research) pada tipe sequential explanatory. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Design . Pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil tes kemampuan awal (Pre-test) dan hasil tes akhir (Post-test) kemampuan pemecahan masalhan matematika dan pemahaman konsep yang dianalisis menggunakan uji-t. sedangkan data kualitatif berupa data hasil wawancara. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Independent Sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,003 yang lebih kecil dari untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dan pemahaman konsep sehingga H0 ditolak atau H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika dan pemahaman konsep antara siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) dengan siswa kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil rata-rata Postest siswa kelas eksperimen sebesar 80,25 dan nilai rata-rata Postest siswa kelas kontrol sebesar 72,45. Hal ini berarti kemampuan pemecahan masalah matematika dan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran LAPS lebih tinggi dari siswa kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah matematika, pemahaman konsep, Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic, pola bilangan.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-02-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2529
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2529/2359
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|