Record Details

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 DAU

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 DAU
 
Creator Wulandari, Intan Wulandari
Abidin, Zainal
Nursit, Isbadar
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal berbentuk penalaran matematis berdasarkan motivasi belajar dan untuk mendeskripsikan kemampuan tingkat penalaran matematis berdasarkan motivasi belajar pada materi pola bilangan kelas VIII SMP. Sebjek penelitian adalah 25 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dau. Subjek penelitian yang dipilih selanjutnya dikategorikan kedalam klasifikasi tingkat motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah yang memiliki jawaban soal tes yang unik atau khas berbeda dengan subjek lainnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, kuisioner, dan wawancara. Hasil penelitian disajikan berdasarkan klasifikasi tingkat motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah, yang kemudian mendeskripsikan bagaimana cara-cara yang dilakukan oleh peserta didik yang memiliki jawaban unik atau khas yang berbeda dengan subjek lainnya. Adapun cara-cara tersebut yaitu dengan memaparkan secara deskriptif/rinci, memaparkan dengan menghubungkan antara satu rumus dengan rumus lainnya, dan memaparkan dengan gambar. Hasil rata-rata tingkat kemampuan penalaran matematis pada setiap klasifikasi tingkat motivasi belajar yaitu 80 untuk tingkat klasifikasi tinggi, 46,5 untuk tingkat klasifikasi sedang, dan 51,07 untuk klasifikasi rendah.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2021-04-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10711
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10711/8458
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/10711/1296
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran