Record Details

Analisis Kecemasan Matematis Peserta Didik Kelas XII SMA Pada Pembelajaran Daring

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Kecemasan Matematis Peserta Didik Kelas XII SMA Pada Pembelajaran Daring
 
Creator Zakaria, Laila Fitria Akbar
 
Description  Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan tingkat kecemasan matematis peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Singosari pada pembelajaran daring dan 2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab kecemasan matematis peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Singosari pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Singosari yang sudah mengisi kuesioner kecemasan matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) 2 peserta didik yang termasuk dalam klasifikasi kecemasan matematis tingkat berat, 5 peserta didik yang termasuk dalam klasifikasi kecemasan matematis tingkat sedang, dan 3 peserta didik yang termasuk dalam klasifikasi kecemasan matematis tingkat ringan. 2) Kecemasan matematis yang dialami oleh peserta didik, dipengaruhi oleh faktor intelektual, karakteristik mata pelajaran matematika, faktor guru, ulangan matematika yang dilalui, faktor keluarga, keadaan sekitar, dan faktor fasilitas pembelajaran daring.Kata kunci: kecemasan matamatis, pembelajaran daring.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2021-06-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10729
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10729/8781
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran