Record Details

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDENT OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT SISWA KELAS VIIA

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDENT OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT SISWA KELAS VIIA
 
Creator Kurniawati, Eni
 
Description AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman siswa memanfaatkan model pembelajaran kooperatif tipe IOC (Indent Outside Circle) untuk materi Bangun Datar Segiempat pada siswa kelas VII-A MTs Al-Maarif 02 Singosari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindaakan Kelas) yang dilakukan dalam dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas VII-AMTs Al-Maarif 02 singosari. Data dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi siswa, lembar observasi guru, hasil wawancara, dan hasil catatan lapangan, sedangkan data kuantitatif dari hasil tes akhir siklus. Tehnik pengumpulan data ialah dengan metode observasi, waawancara, tes akhir siklus, dan catatan lapangan. Dengan peningkatan mencapai dari hasil tes akhir siklus I sebesar 70%, mengalami peningkatan mencapai 90%. Untuk kegiatan guru pada siklus I sebesar 74,18% mengalami peningkatan mencapai 90,85%. Sedangkan pada kegiatan siswa siklus I sebesar 75,83% mengalami peningkatan mencapai 87,51%. Sedangkan pada hasil wawancara siklus I sebesar 50% mengalami peningkatan mencapai 100%. Terlihat bahwa lebih meningkat dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe IOC dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa pada pokok bahasan bangu datar segiempat siswa kelas VII-A MTs Al-Maarif 02 Singosari Malang. Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, metode IOC  pemahaman matematis matematika
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-11-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3817
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3817/4462
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/3817/335
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/3817/337
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran