Record Details

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA SOAL-SOAL OPEN ENDED MATERI PELUANG PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN SATU ATAP 1 SERUYAN RAYA KALIMANTAN TENGAH

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA SOAL-SOAL OPEN ENDED MATERI PELUANG PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN SATU ATAP 1 SERUYAN RAYA KALIMANTAN TENGAH
 
Creator Paramita, Yuli
Abidin, Zainal
Sari, Fadhila Kartika
 
Description Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari minat belajar kategori tinggi pada soal-soal open ended materi peluang; (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari minat belajar kategori sedang pada soal-soal open ended materi peluang; (3) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari minat belajar kategori rendah pada soal-soal open ended materi peluang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Seruyan Raya yang berjumlah 31 peserta didik dengan memilih 3 peserta didik sebagai subjek penelitian. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pedoman angket, soal tes, dan pedoman wawancara. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) subjek ke-1 (JS) memiliki minat belajar tinggi dikategorikan kreatif karena berdasarkan hasil tes, subjek JS memperoleh skor 76 dan berada pada rentang skor 76%, 2) subjek ke-2 (SAW) yang memiliki minat belajar sedang dikategorikan cukup kreatif karena berdasarkan hasil tes, subjek SAW memperoleh skor 53 dan berada pada rentang skor 53%, 3) subjek ke-3 (HA) yang memiliki minat belajar rendah dikategorikan tidak kreatif karena berdasarkan hasil tes, subjek HA memperoleh skor 31 dan berada pada rentang 31%.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Minat Belajar, Soal-soal Open Ended
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2022-01-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14659
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14659/11007
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/14659/1921
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran