Record Details

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR
 
Creator El Yasa, Evita Putri
Alifiani, Alifiani
Walida, Sikky El
 
Description Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari motivasi belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Zainul Hasan 1 Genggong. Subjek penelitian terdiri dari empat peserta didik yang dipilih sesuai tingkat motivasi belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Hasil wawancara menunjukkan bahwa: 1) subjek dengan kategori motivasi belajar tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis, sehingga subjek kategori motivasi belajar tinggi juga memiliki kemampuan berpikir kritis yang tinggi, 2) subjek dengan kategori motivasi belajar sedang hanya mampu memenuhi empat indikator, yaitu: fokus (focus), alasan (reason), situasi (situation), dan tinjau ulang (overview), sehingga subjek dengan kategori motivasi belajar sedang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang, 3) subjek dengan kategori motivasi belajar rendah hanya mampu memenuhi tiga indikator, yaitu: fokus (focus), situasi (situation), dan tinjau ulang (overview), sehingga subjek dengan kategori motivasi belajar rendah memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah juga.Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, soal cerita matematika, motivasi belajar, sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV)
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2021-07-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12041
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12041/9322
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran