Record Details

MAKSIM KESANTUNAN BERBAHASA PADA TARAF PRAGMATIK DALAM PODCAST DEDDY CORBUZIER BERSAMA NAJWA SHIHAB

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MAKSIM KESANTUNAN BERBAHASA PADA TARAF PRAGMATIK DALAM PODCAST DEDDY CORBUZIER BERSAMA NAJWA SHIHAB
 
Creator A’Yunin, intan Qurrota
 
Description Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan maksim kesantunan dan mendeskripsikan penerapan kesantunan berbahasa pada taraf pragmatik dalam konten podcast Deddy Corbuzer bersama Najwa Shihab. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode penalaran yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah video YouTube. Sumber data diperoleh dari teks transkripsi video podcast yang diunggah di akun YouTube bernama Deddy Corbuzier dengan jumlah video 2 bagian yang diunggah di kanal YouTube tersebut pada tanggal 15 Febuari 2020. Dalam penelitian ini status peneliti adalah instrumen kunci dan dibantu dengan alat berupa korpus data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada penayangan video podcast Deddy Corbuzier bersama Najwa Shihab terdapat 6 maksim yang digunakan, yaitu maksim kebijaksanaan, maksim pemufakatan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim kesimpatian, dan maksim kesetujuan. Maksim penghargaan dan maksim kesetujuan merupakan penemuan paling dominan dalam penelitian ini. Penerapan maksim penghargaan berjumlah 5 dan maksim kesetujuan berjumlah 6. Hasil pendataan maksim kesantunan yang dilanggar oleh Deddy dan Najwa yang paling banyak ditemukan yaitu maksim kesederhanaan, maksim kesimpatian, dan maksim kesetujuan. Pelanggaran maksim kesederhanaan berjumlah 8, maksim kesimpatian berjumlah 6 dan yang maksim kesetujuan berjumlah 8. Penerapan maksim kesantunan berbahasa pada taraf pragmatik ditemukan 3 tindak tutur, yaitu representatif, direktif dan eskpresif dalam tindak tutur representatif.Kata Kunci: Maksim Kesantunan, Podcast, Pragmatik
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2021-09-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13092
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13092/10466
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran