Record Details

Pembelajaran Bercerita Teks Fabel dengan Media Wayang pada Siswa Kelas VII SMP Al Islam Prigen

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pembelajaran Bercerita Teks Fabel dengan Media Wayang pada Siswa Kelas VII SMP Al Islam Prigen
 
Creator Murianto, Afif
 
Description Pelaksanaan pembelajaran bercerita di sekolah masih belum terlaksana dengan baik. Di lingkungan sekolah, siswa dituntut terampil berbicara dan bercerita dalam proses pembelajaran. Namun, tidak semua siswa mampu berbicara dalam lingkup umum. Sebagian siswa cenderung hanya berani berbicara dengan temannya dalam lingkup kecil dan tidak resmi.Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran bercerita fabel dengan media wayang, 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fabel dengan media wayang, dan 3) mendeskripsikan jenis media wayang yang digunakan dalam pembelajaran bercerita fabel.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen kunci utama yang menentukan keseluruhan skenario, mulai dari bertindak sebagai pengajar yang membuat rancangan pembelajaran. Latar penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah di SMP Al Islam Prigen. Data dalam penelitian ini bersumber dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) bercerita fabel dengan media wayang, peristiwa pelaksanaan pembelajaran bercerita fabel dengan media wayang, dan jenis media wayang yang digunakan dalam pembelajaran bercerita fabel. Dalam penelitian ini peneliti menjadi guru dalam proses pembelajaran bercerita fabel. Jadi peneliti menjadi sumber data dalam penelitian ini. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan diskusi guru pengajar Bahasa Indonesia. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sepanjang penelitian ini dari awal hingga akhir. Tahapan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu: 1) tahap pra lapangan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap penyelesaian.RPP yang disusun oleh guru merencanakan sebuah pembelajaran bercerita fabel di mana media yang digunakan adalah wayang. Pelaksanaan pembelajaran bercerita fabel dengan media wayang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan dilakukan dengan kegiatan berorientasi, apersepsi, dan pengaitan. Kegiatan inti dilakukan dengan kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Pada kegiatan inti siswa dituntut terampil dalam bercerita fabel dengan menggunakan media wayang yang telah disediakan oleh guru. Kegiatan penutup dilakukan dengan kegiatan penarikan kesimpulan dan pemberian tugas di rumah. Jenis media wayang yang digunakan untuk bercerita fabel dalam pembelajaran ini menggunakan wayang yang terbuat dari kardus yang ditempeli gambar binatang. Guru sendiri yang mendesain atau yang membuat media wayang tersebut.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2021-07-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12166
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12166/9635
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran