Record Details

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL (VIDEOSCRIBE) MATERI LIMIT FUNGSI UNTUK SISWA SMA KELAS XI

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL (VIDEOSCRIBE) MATERI LIMIT FUNGSI UNTUK SISWA SMA KELAS XI
 
Creator Ramadhaniati, Rizqika Taufiqi
Sunismi, Sunismi
Walida, Sikky El
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan, dan  (3) mendeskripsikan hasil uji coba dari pengembangan video pembelajaran berbasis Sparkol(Videoscribe) materi limit fungsi untuk siswa SMA kelas XI. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Four-D (4-D) sebagai dasar pengembangan yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi validasi satu ahli materi, satu ahli desain dan media, dua validator praktisi, dan 10 peserta didik kelas XI SMAI kota Batu sebagai pengguna (user). Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan data kuantitatif untuk penilaian skor angket validasi produk dan data kualitatif diperoleh dari data komentar dan saran pada angket validasi produk. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah video pembelajaran berbasis Sparkol (Videoscribe) dengan materi Limit Fungsi untuk siswa SMA kelas XI yang berisi tentang penjelasan materi, contoh soal beserta pembahasan, dan juga latihan soal dengan animasi yang unik serta musik yang membuat peserta didik merasa lebih menyenangkan. Sedangkan hasil uji coba diperoleh dari instrumen yang diberikan kepada masing-masing validator. Validator yang pertama yaitu ahli materi dengan rata-rata 3,3 yang mana produk telah dinyatakan valid sesuai dengan kriteria kevalidan. Yang kedua ada validator ahli desain dan media yang memperoleh rata-rata 3,8 yang mana produk telah dinyatakan valid sesuai dengan kriteria kevalidan. Dan yang terakhir ada ahli praktisi dan juga user (pengguna) mendapatkan rata-rata 3,7 dan 3,3 dan produk juga telah dinyatakan valid.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2021-01-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/9784
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/9784/7760
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran