Record Details

KEMAMPUAN PENALARAN DAN SELF-REGULARED LEARNING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTS NEGERI BATU

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN PENALARAN DAN SELF-REGULARED LEARNING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTS NEGERI BATU
 
Creator Vebiana Suryani, Findi Tias
sunismi, sunismi
fardiba, surya sari
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat perbedaan perbedaan dan manakah yang lebih baik antara kemampuan penalaran dan self-regulated learning kels eksperimen dan kelas kontrol untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran dan self-regulated learning kelas eksperimen dan kelas kontrol serta keterkaitan antara hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kombinasi (mix methods) dengan desain sequential explanatory. Sequential explanatory yaitu analisis yang dilakukan pada tahap awal yaitu analisis data kuantitatif dan pada tahap kedua analisis data kualitatif. Jenis penelitian ini adalah true experimental design dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah claster random sampling. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif diperoleh nilai Sig kemampuan penalaran = 0,020 < 0,05 dan nilai Sig self-regulated learning = 0,035 < 0,05 yang artinya dapat perbedaan kemampuan penalaran dan self-regulated learning antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada uji hipotesisi satu pihak kemampuan penalaran sebesar 2,489 dan self-regulated learning sebesar 2,416, dengan db = 62 yang artinya kemampuan penalaran dan self-regulated learning kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-08-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8380
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8380/6988
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran