PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MEDIA LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI PERBANDINGAN SISWA MTs AL-AMIN MALANG
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MEDIA LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI PERBANDINGAN SISWA MTs AL-AMIN MALANG
|
|
Creator |
Muawanah, Siti Fatimatul
Abidin, Zainal Faradiba, Surya Sari |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe RTE dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis menggunakan media LKPD materi perbandingan senilai dan berbalik nilai siswa kelas VII A MTs Al-Amin Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe RTE dengan menggunakan media LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) kegiatan awal, melakukan apersepsi tanya jawab untuk menyegarkan ingatan siswa tentang materi perbandingan senilai dan berbalik nilai; (2) kegiatan inti, pembagian kelompok, melakukan diskusi, merotasi siswa dalam kelompok menjadi kelompok baru, melakukan diskusi kembali dengan pertanyaan baru, mempresentasikan hasil. Kegiatan inti dilakukan siswa saat mengerjakan LKPD; (3) kegiatan akhir, menyimpulkan materi bersama siswa. Peningkatan hasil analisis data setiap siklus dapat dilihat dari (1) persentase ketuntasan belajar pada tes akhir siklus I mencapai 62,96%, mengalami peningkatan pada siklus II yang mencapai 88,88%, dengan peningkatan sebanyak 25,92%; (2) persentase keberhasilan aktivitas guru pada siklus I mencapai 69,47 %, mengalami peningkatan pada siklus II yang mencapai 89,46% dengan peningkatan sebanyak 19,99%; (3) persentase keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 69,99 %, meningkat pada siklus II yang mencapai 92,1% dengan peningkatan sebanyak 22,11%; (4) dalam wawancara siklus I, dari 6 siswa hanya 3 siswa yang senang dengan pembelajaran RTE dengan persentase 50%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan 5 siswa yang senang dengan pembelajaran RTE dengan persentase 83,3% dengan peningkatan sebanyak 2 siswa. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe RTE, kemampuan komunikasi matematis, matematikaPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe RTE dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis menggunakan media LKPD materi perbandingan senilai dan berbalik nilai siswa kelas VII A MTs Al-Amin Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe RTE dengan menggunakan media LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) kegiatan awal, melakukan apersepsi tanya jawab untuk menyegarkan ingatan siswa tentang materi perbandingan senilai dan berbalik nilai; (2) kegiatan inti, pembagian kelompok, melakukan diskusi, merotasi siswa dalam kelompok menjadi kelompok baru, melakukan diskusi kembali dengan pertanyaan baru, mempresentasikan hasil. Kegiatan inti dilakukan siswa saat mengerjakan LKPD; (3) kegiatan akhir, menyimpulkan materi bersama siswa. Peningkatan hasil analisis data setiap siklus dapat dilihat dari (1) persentase ketuntasan belajar pada tes akhir siklus I mencapai 62,96%, mengalami peningkatan pada siklus II yang mencapai 88,88%, dengan peningkatan sebanyak 25,92%; (2) persentase keberhasilan aktivitas guru pada siklus I mencapai 69,47 %, mengalami peningkatan pada siklus II yang mencapai 89,46% dengan peningkatan sebanyak 19,99%; (3) persentase keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 69,99 %, meningkat pada siklus II yang mencapai 92,1% dengan peningkatan sebanyak 22,11%; (4) dalam wawancara siklus I, dari 6 siswa hanya 3 siswa yang senang dengan pembelajaran RTE dengan persentase 50%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan 5 siswa yang senang dengan pembelajaran RTE dengan persentase 83,3% dengan peningkatan sebanyak 2 siswa.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-07-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3785
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3785/3411
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|