PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING DAN FLIPPED CLASSROOM MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR KELAS IX SMP WAHID HASYIM MALANG
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING DAN FLIPPED CLASSROOM MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR KELAS IX SMP WAHID HASYIM MALANG
|
|
Creator |
Farhatana TS, Kunti
|
|
Description |
AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan adanya perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model blended learning dan metode flipped classroom dengan siswa yang menggunakan model konvensional materi perpangkatan bentuk akar pada siswa kelas IX. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kombinasi (mix research) dengan desain sequential explanatory. Sampel dalam penelitian kuantitatif ini adalah peserta didik kelas IX A (kelas eksperimen) dan peserta didik kelas IX B (kelas kontrol). Sedangkan subjek penelitian kualitatif sebanyak tiga orang dengan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi tinggi, sedang dan rendah dari masing-masing kelas sampel. Data kuantitatif diperoleh dengan teknik tes, sedangkan data kualitatif diperoleh dengan teknik observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil data analisis data kuantitatif menggunakan uji t dua pihak menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematika dengan taraf signifikan sebesar 5% antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sedangkan hasil analisis data kualitatif menunjukkan bahwa persentase penguasaan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematika untuk kelas eksperimen sebesar 96,8% sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 70,96%. Dengan demikian, hasil data penelitian kualitatif dapat membuktikan, melengkapi dan memperkuat hasil data penelitian kuantitatif. Kata-kata Kunci: pembelajaran matematika, model blended learning, metode flipped classroom, pemahaman konsep, kemampuan komunikasi matematika.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-02-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2518
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2518/2348
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|