Record Details

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 8 MALANG

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 8 MALANG
 
Creator Wulandari, Aprilia Nur
 
Description Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 8 Malang. Faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan menulis teks eksposisi yaitu kurangnya pemahaman peserta didik terhadap tesis, agumentasi, dan penegasan ulang, serta adanya rasa bosan terhadap keterampilan menulis yang monoton. Dalam hal ini, guru harus mempunyai model pembelajaran yang dapat mempengaruhi minat peserta didik dalam menulis, khususnya menulis teks eksposisi, serta dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mempengaruhi minat serta meningkatkan hasil pembelajaran menulis teks eksposisi yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Structured Dyadic Methods. Model pembelajaran tersebut dipandang tepat, karena dapat meningkatkan hasil dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 8 Malang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil pembelajaran menulis teks eksposisi pada data pratindakan, nilai rata-rata peserta didik 59,15, siklus I nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 67.41, dan siklus II meningkat menjadi 80,80. Kata Kunci: kemampuan menulis, teks eksposisi, kooperatif tipe Structured Dyadic Methods
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-06-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2945
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2945/2683
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2945/2684
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran