Record Details

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN MEDIA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA KELAS VIII SMP WAHID HASYIM MALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN MEDIA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA KELAS VIII SMP WAHID HASYIM MALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
 
Creator Astuti, Mega
 
Description AbstrakTujuan Penelitian yaitu (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan media LKPD dan kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional, (2) untuk mendiskripsikan secara lebih detail kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas eksperimen yang digunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan media LKPD dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional, (3) untuk mendiskripsikan hasil analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mixed research dengan desain sequential explanatory. Penelitian kauntitatif menggunakan penelitian quasi experimental dengan populas kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang sebanyak 97 peserta didik yang terbagi dalam tiga kelas. Sampel dipilih melalui teknik clauster random sampling, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji-t hipotesis dua pihak. Jenis penelitian kualitatif menggunakan deskriptif kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi, catatan lapangan, dan wawancara.Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif uji-t dua pihak menggunakan Sofrware SPSS 20 diperoleh dari (1) hasil uji –t kemampuan pemecahan masalah matematika p_value = 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) analisis data kuntitatif mencapaian tingkat keberhasilan indikator kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen sebesar 72, 76% sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 64,09% (3) analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif untuk kelas eksperimen sebesar 75, 76% sedangkan kelas kontrol sebesar 71,76%.Kata kunci: model Two stay Two Stray (TSTS), media LKPD, kemampuan pemecahan masalah 
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2522
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2522/2352
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran