KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI MODEL FLIPPED CLASSROOM DENGAN MEDIA EDMODO PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI MODEL FLIPPED CLASSROOM DENGAN MEDIA EDMODO PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
|
|
Creator |
Alanda, Yogi
|
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk mengetahui mana yang lebih baik kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi dengan jenis penelitian sequential explanatory Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Pakis. Sampel penelitian adalah kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan convenience sampling. Pada penelitian ini menggunakan quasi experiment design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis, yang telah di validasi oleh ahli. Analisis data kuantitatif diperoleh dari hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis. Sedangakan analisis data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dan observasi yang berguna untuk mendukung penelitian kuantitatif. Hasil penelitian kuantitatif dengan taraf signifikan 0,05 maka diperoleh kesimpulan; (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol; (2) kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sedangkan hasil penelitian kualitatif berdasarkan hasil wawancara terhadap enam subjek sebagai berikut; (1) Siswa kelas eksperimen telah mampu memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis; (2) siswa kelas kontrol telah memenuhi beberapa indikator kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis. Kata kunci: Pemecahan masalah, berpikir kritis, model flipped classroom, bangun ruang sisi datar
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-07-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3689
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3689/3365
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|