Record Details

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI DENGAN APLIKASI LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN GAME EDUKASI DENGAN APLIKASI LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP
 
Creator Irawati, Ayu
 
Description AbstrakPengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan kualitas pengembangan game edukasi dengan aplikasi lectora inspire sebagai media pembelajaran pada materi perbandingan kelas VII SMP, serta melakukan validasi dan uji coba game edukasi. Pengembangan mengacu pada model pengembangan 4-D yang meliputi 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek validasi terdiri dari satu ahli materi, satu ahli media, satu praktisi dan 15 siswa kelas VII sebagai pengguna (user). Untuk teknik analisis data diambil dari data kuantitatif dan data kualitatif. Secara umum hasil pengembangan ini berupa media pembelajaran yang sudah dikemas kedalam CD yang terdiri dari bagian pembuka dan menu. Berdasarkan data hasil validasi produk, penilaian produk oleh validator ahli materi memenuhi kriteria valid dengan persentase 88%, penilaian produk oleh validator ahli media memenuhi kriteria valid dengan persentase 80.5%, penilaian produk oleh validator praktisi memenehi kriteria valid dengan persentase 88%, penilaian produk oleh pengguna (user) memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 98%. Dengan menghitung rata-rata persentase dari penilaian produk dari ahli materi, ahli media, praktisi dan pengguna (user) maka diperoleh skor persentase sebesar 88%., sehingga dapat disimpulkan bahwa game edukasi dengan aplikasi lectora inspire sebagai media pembelajaran pada materi perbandingan kelas VII SMP adalah valid dan layak digunakan. Kata-kata kunci: Pengembangan, Game Edukasi, Lectora Inspire. Media Pembelajaran
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2499
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2499/2330
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran