Record Details

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIVAN BELAJAR SISWA KELAS VIII

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIVAN BELAJAR SISWA KELAS VIII
 
Creator Rahmalia, Yuana
Sunismi, Sunismi
Walida, Sikky El
 
Description Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan Tutor Sebaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan keaktifan belajar siswa pada materi statistik kelas VIII SLTPN 8 kediri tahun ajaran 2018/2019. Subyek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII SLTPN 8 kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) observasi, (2) catatan lapangan, (3) wawancara, (4) tes, Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran Snowball Throwing dan Tutor Sebaya dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan keaktivan belajar siswa, dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) kegiatan awal, melakukan apersepsi dengan tanya jawab untuk menyegarkan ingatan siswa tentang materi statistik; (2) kegiatan inti meliputi: menyiapkan tutor, melakukan tutoring, membuat permainan game fisik, snowball throwing; (3) menyimpulkan materi bersama siswa. Adapun hasil peningkatannya adalah hasil akhir siklus yang dilihat dari: (1) persentase hasil tes akhir siklus I sebesar 21,43% meningkat menjadi78,57% pada siklus II (2) persentase hasil pengamatan aktivitas guru sebesar 81% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II. (3) persentase hasil pengamatan aktivitas siswa sebesar 77,125% pada siklus I meningkat menjadi 86,375% pada siklus II. Kata Kunci: penerapan, kemampuan komukasi matematis, keaktifan belajar, model pembelajaran Snowball throwing dan tutor sebaya.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-07-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3801
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3801/3415
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran