PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP WAHID HASYIM MALANG MELALUI METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING)
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP WAHID HASYIM MALANG MELALUI METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING)
|
|
Creator |
Mustikasari, Wahyu Nur
|
|
Description |
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Wahid Hasyim Malang melalui metode peta pikiran (mind mapping) . Secara khusus tujuan penelitian ini meliputi (1) memperoleh deskripsi objektif tentang peningkatan proses pembelajaran menulis tek deskripsi siswa VII SMP Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2019/2020 sebelum diterapkan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping), (2) memproleh deskripsi objektif tentang pelaksanaan pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2019/2020 sesudah diterapkan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping), (3) memperoleh deskripsi objektif tentang peningkatan hasil pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2019/2020 sesudah diterapkan pembelajaran peta pikiran. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan berupa tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 26 siswa. Seluruh siswa dilibatkan dalam kegiatan penelitian karena mengikuti kontak alamiah pada proses pembelajaran yang sesungguhnya. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa proses meningkatkan metode peta pikiran (Mind Mapping) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi kelas VII A SMP Wahid Hasyim Malang. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari keaktifan, perhatian konsentrasi, dan kemandirian siswa selama proses pembelajaran. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari skor rata-rata keterampilan menulis teks deskripsi dari pratindakan, siklus I hingga siklus II. Pada pratindakan skor rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 67,5 % kemudian meningkat menjadi 74,4% dan pada siklus II lebih meningkat secara signifikan sebesar 78,3%.Kata Kunci: keterampilan menulis, teks deskripsi, metode peta pikiran (Mind Mapping)
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-01-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
application/pdf |
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5111
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5111/4540
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5111/4541 |
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|