Record Details

ANALISIS KESALAHAN MATEMATIKA SISWA BERBASIS POLITOMUS MODEL PARTIAL CREDIT KELAS X SMA PANJURA MALANG

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KESALAHAN MATEMATIKA SISWA BERBASIS POLITOMUS MODEL PARTIAL CREDIT KELAS X SMA PANJURA MALANG
 
Creator Naniacahyawening, Rariana Koratama
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan siswa serta alasan mengapa kesalahan tersebut terjadi. Asumsi dari peneliti sebelum melakukan penelitian adalah siswa sering melakukan kesalahan pada proses dan keterampilan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah analisis representatif. Sebelum melakukan penelitian, peneliti mengamati subjek terlebih dahulu, yakni kelas X SMA PANJURA. Dengan jumlah murid 14 orang, kelas X IPA merupakan kelas yang kondisif. Kemudian peneliti memberikan soal tes sebanyak 10 soal untuk dikerjakan selama 1 jam. Selama proses terjadi, peneliti mengawasi tingkah laku 14 siswa. Masih banyak diantara mereka yang berdiskusi, tetapi ada beberapa siswa yang sudah mengerjakan sendiri. Hasil dari tes yang telah diberikan siswa, peneliti menyimpulkan bahwa kesalahan matematika siswa yang paling sering dilakukan adalah kesalahan keterampilan proses, dimana siswa tidak dapat meneruskan jawaban karena siswa melupakan syarat-syarat dari persamaan eksponen. Selain itu, siswa juga melakukan kesalahan akibat kurang teliti dalam membaca soal. Berdasarkan hasil wawancara siswa pada beberapa subjek di kelas, siswa cenderung menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. Hal tersebut karena banyaknya syarat-syarat serta aturan yang dipakai dalam sekali pengerjaan. Sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan syarat-syarat pada persamaan eksponen.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-07-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3931
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3931/3455
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/3931/392
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran