Record Details

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF ESTEEM MATEMATIS SISWA MELALUI METODE LEARNING CYCLE MATERI TRIGONOMETRI KELAS X

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF ESTEEM MATEMATIS SISWA MELALUI METODE LEARNING CYCLE MATERI TRIGONOMETRI KELAS X
 
Creator Ilmi, Sofiatul
 
Description Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan self esteem matematis siswa pada kelas X materi trigonometri melalui metode pembelajaran learning cycle dan metode konvensional, mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan komunikasi matematis dan self esteem matematis siswa kelas X  materi trigonometri melalui metode pembelajaran learning cycle dan metode konvensional, dan mendeskripsikan hasil analisis tentang kemampuan komunikasi matematis dan self esteem matematis siswa kelas X materi trigonometri melalui pembelajaran learning cycle dan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed method yakni mengkombinasikan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X, sampel penelitian siswa kelass X IPS1 dan X IPS2. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif uji statistik menggunakan SPSS 23 dengan α = 0,05 diperoleh kesimpulan ada perbedaaan kemampuan komunikasi matematis dan self esteem matematis siswa antara kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran learning cycle dan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional, kemampuan komunikasi matematis dan self esteem matematis siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode learning cycle lebih baik dari pada siswa kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan komunikasi matematis dan self steem matematis pada materi trigonometri antara kelas metode pembelajaran learning cycle dan metode pembelajaran konvensional.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-07-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3740
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3740/3369
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/3740/325
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/3740/326
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran