Record Details

KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ALAT PERAGA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAMBAK PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS TAHUN AJARAN 2018/2019

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ALAT PERAGA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAMBAK PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS TAHUN AJARAN 2018/2019
 
Creator Halidzatin, Gusduriyah
 
Description AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis dan juga untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan alat peraga kelas VIII SMP Negeri 1 Tambak pada pokok bahasan Teorema Pythagoras Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kombinasi (mixed methods) dengan desain rancangan sequential explanatory adalah metode penelitian kombinasi yang menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berurutan, dimana pada tahap pertama penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dan pada tahap kedua dilakukan dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan software SPSS 20 kemampuan komunikasi matematis diperoleh nilai sig = 0,043 < 0,05 maka H0 ditolak atau H1 diterima dan thitung =2,072 > ttabel = 1,67252 maka H0 ditolak.  Kemampuan disposisi matematis diperoleh nilai sig = 0,005 < 0,05 maka H0 ditolak atau H1 diterima dan thitung= 2,921 > ttabel = 1,67252maka H0 ditolak. (2) Berdasarkan analisis data kualitatif didapatkan hasil bahwa deskripsi kemampuan komunikasi dan disposisi matematis peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.Kata Kunci: pendidikan, kurikulum 2013, model pembelajaran Problem Based Learning, kemampuan penalaran matematis, alat peraga.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2504
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2504/2335
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran