PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TIPE NOVICK PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII MTs AN-NUR KEMBANG JERUK BANYUATES
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TIPE NOVICK PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII MTs AN-NUR KEMBANG JERUK BANYUATES
|
|
Creator |
Mutmainnah, Mutmainnah
|
|
Description |
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick dengan konvensional, mendeskripsikan pamahaman konsep matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick, dan mengetahui keterkaitan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif pemahaman konsep matematis antar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick. Pendekatan pada penelitian ini adalah penelitian kombinasi design sequensial explanatory. Pada penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi experimental design dengan jenis desain The Non-Equivalent Pretest-Postest Control Grup Desain. Dengan populasi ialah seluruh siswa kelas VIII MTs An-Nur Kembang Jeruk Banyuates yang terdiri dari empat kelas dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling, maka dinyatakan kelas VIII B sebagai kelas eskperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Pada penelitian kualitatif menggunakan jenis penelitian deskriptif berupa kata-kata tertulis. Data yang digunakan pada penelitian ini ialah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitaif berupa hasil data pretest dan hasil posttest pemahaman konsep matematis yang dianalisis menggunakan uji-t. Data kualitatif berupa data observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Pada uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick dengan konvensional. Pencapaian indikator pemahaman konsep matematis siswa kategori tinggi, sedang, rendah pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Data kualitatif memperkuat dan mendukung data kuantitatif. Kata kunci: Pembelajaran matematika, pemahaman konsep matematis, model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-07-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/4927
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/4927/4455
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|