Record Details

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BAHASA INDONESIA KELAS XII MADRASAH ALIYAH AL-HILAAL TEHORU

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BAHASA INDONESIA KELAS XII MADRASAH ALIYAH AL-HILAAL TEHORU
 
Creator naruhi, Nassa rudi
 
Description Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas XII Madrasah Aliyah Al-Hilaal Tehoru. Penilitian iniĀ  menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Madrasah Aliyah Al-Hilaal Tehoru dengan jumlah 27. Permasalahan tersebut diuji untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidaknya antara keerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan data diperoleh dari lapangan, berbentuk angket untuk mengukur kecerdasan emosional siswa yang berbentuk angka-angka,dan sifatnya kuantitaf. Data dalam penelitian ini bersumber dari Kusiner berbentuk angket untuk mengukur kecerdasan emosional dan nilai rapot siswa semester 1 untuk melihat prestasi belajar siswa. Penilitian ini dilakukan di Ambon lebih tepatnya Kecamatan Tehoru. Hasil penelitian terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa XII MA Al-Hilaal Tehoru. Ditunjukkan dengan adanya nilai analisis data yang diperoleh. Hasil penelitian iniĀ  menunjukan kecerdasan emosional berpengaruh dan memberikan kontrubusi besar terhadap prestasi belajar siswa. Semakin tinggi kecerdasan emosional (EI) yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang diperolehnya. Kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 84,64% terhadap prestasi belajar peserta didik dan 16,36% dipengaruhi oleh faktor lainnya.Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2022-01-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14933
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14933/11180
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/14933/2021
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/14933/2022
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran