Efektivitas Penerapan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII MTs Al-Muttaqin Plemahan
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Efektivitas Penerapan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII MTs Al-Muttaqin Plemahan
|
|
Creator |
Famela, Citra
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan media video animasi dalam pembelajaran keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekspeimen dengan dola Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol semula 56,93 meningkat menjadi 65,57 dengan peningkatan sebesar 0,332 yang termasuk dalam kategori “rendah”. Sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar semula 58,12 meningkat menjadi 71,12 dengan peningkatan sebesar 0,788 yang termasuk kategori “tinggi”. Selisih peningkatan hasil belajar pada pembelajaran dengan media video animasi lebih besar daripada peningkatan pembelajaran yang tidak menggunakan video animasi (0,788 < 0,332), sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media video animasi efektif diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin Plemahan.Kata Kunci : efektivitas, media video animasi, teks persuasi
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-07-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12201
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12201/9565
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|