Record Details

Efektivitas Penerapan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII MTs Al-Muttaqin Plemahan

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektivitas Penerapan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII MTs Al-Muttaqin Plemahan
 
Creator Famela, Citra
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan media video animasi dalam pembelajaran keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekspeimen dengan dola Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol semula 56,93 meningkat menjadi 65,57 dengan peningkatan sebesar 0,332 yang termasuk dalam kategori “rendah”. Sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar semula 58,12 meningkat menjadi 71,12 dengan peningkatan sebesar 0,788 yang termasuk kategori “tinggi”. Selisih  peningkatan hasil belajar pada pembelajaran dengan media video animasi lebih besar daripada peningkatan pembelajaran yang tidak menggunakan video animasi (0,788 < 0,332), sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media video animasi efektif diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin Plemahan.Kata Kunci : efektivitas, media video animasi, teks persuasi
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2021-07-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12201
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12201/9565
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran