ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI HIMPUNAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 PAKISAJI
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI HIMPUNAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 PAKISAJI
|
|
Creator |
Syahnaz, Re Agnes Gempar Lusia
Abidin, Zainal Syaifuddin, Syaifuddin |
|
Description |
Abstrak : Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memiliki gaya belajar visual pada materi himpunan kelas VII SMPN 1 Pakisaji; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memiliki gaya belajar auditorial pada materi himpunan kelas VII SMPN 1 Pakisaji; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik pada materi himpunan kelas VII SMPN 1 Pakisaji. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Pakisaji dengan subjek penelitian sebanyak enam peserta didik yang dipilih berdasarkan klasifikasi gaya belajarnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Adapun analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) peserta didik dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan berpikir kreatif pada kategori kurang kreatif, karena dapat memenuhi satu dari empat indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu indikator kelancaran; (2) peserta didik dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan berpikir kreatif pada kategori cukup kreatif, karena dapat memenuhi dua dari empat indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu keaslian dan elaborasi; (3) peserta didik dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan berpikir kreatif pada kategori sangat kreatif, karena dapat memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi.Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, gaya belajar, himpunan.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
Universitas Islam Malang
|
|
Date |
2021-09-18
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13285
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13285/10405
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|