PENGARUH SELF EFFICACY DAN INDEPENDENT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP YBPK PUJIHARJO
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH SELF EFFICACY DAN INDEPENDENT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP YBPK PUJIHARJO
|
|
Creator |
Indriani, Novi
Rukmigarsari, Ettie Faradiba, Surya Sari |
|
Description |
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan independent learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika di SMP YBPK Pujiharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP YBPK Pujiharjo, sedangkan sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang terdiri dari 32 siswa dari total seluruh siswa VIII SMP YBPK Pujiharjo. Untuk Pengambilan data menggunakan instrumen kuesioner dan tes. Instrumen kuesioner terdiri dari kuesioner self efficacy dan independent learning. Sedangkan instrumen tes berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Skor kuesioner self efficacy dan independent learning berupa data ordinal yang ditransformasi menjadi data interval dengan menggunakan MSI. Kemudian dilakukan uji normalitas data sebagai syarat uji statistik parametrik. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh bermakna self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang bersifat positif. Artinya semakin tinggi self efficacy siswa maka akan semakin tinggi pula kemampuam pemecahan masalah matematisnya, besar pengaruhnya adalah 47,1%. Selanjutnya pengaruh bermakna independent learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa bersifat positif. Artinya semakin tinggi independent learning siswa maka kemampuan pemecahan masalah matematisnya semakin tinggi, besar pengaruhnya adalah 51,6%. Yang terakhir ada pengaruh bermakna self efficacy dan independent learning secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, besar pengaruhnya adalah 80,2%.Kata kunci: self efficacy, independent learning, kemampuan pemecahan masalah matematis, statistika, pujiharjo
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
Universitas Islam Malang
|
|
Date |
2022-01-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14694
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14694/11049
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|