Record Details

PENGARUH SELF EFFICACY DAN INDEPENDENT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP YBPK PUJIHARJO

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH SELF EFFICACY DAN INDEPENDENT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP YBPK PUJIHARJO
 
Creator Indriani, Novi
Rukmigarsari, Ettie
Faradiba, Surya Sari
 
Description Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan independent learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika di SMP YBPK Pujiharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP YBPK Pujiharjo, sedangkan sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang terdiri dari 32 siswa dari total seluruh siswa VIII SMP YBPK Pujiharjo. Untuk Pengambilan data menggunakan instrumen kuesioner dan tes. Instrumen kuesioner terdiri dari kuesioner self efficacy dan independent learning. Sedangkan instrumen tes berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Skor kuesioner self efficacy dan independent learning berupa data ordinal yang ditransformasi menjadi data interval dengan menggunakan MSI. Kemudian dilakukan uji normalitas data sebagai syarat uji statistik parametrik. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh bermakna self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang bersifat positif. Artinya semakin tinggi self efficacy  siswa maka akan semakin tinggi pula kemampuam pemecahan masalah matematisnya, besar pengaruhnya adalah 47,1%. Selanjutnya pengaruh bermakna independent learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa bersifat positif. Artinya semakin tinggi independent learning siswa maka kemampuan pemecahan masalah matematisnya semakin tinggi, besar pengaruhnya adalah 51,6%. Yang terakhir ada pengaruh bermakna self efficacy dan independent learning secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, besar pengaruhnya adalah 80,2%.Kata kunci: self efficacy, independent learning, kemampuan pemecahan masalah matematis, statistika, pujiharjo
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2022-01-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14694
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14694/11049
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran