Record Details

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI KUBUS DAN BALOK
 
Creator Hardiyanto, Alfian
Abidin, Zainal
 
Description AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction menggunakan media alat peraga untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada pokok bahasan kubus dan balok peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Ulum Lengser Dharma Camplong. Penelitian ini diharpakan dapat bermanfaat bagi peserta didik, pendidik, peneliti, maupun sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Ulum Lengser Dharma Camplong yang banyak 34 peserta didik. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif berupa hasil tes akhir siklus. Hasil model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1) Tindakan awal (treatment) memberi perlakuan awal pada peserta didik menggunakan tes; (2) pengelompokkan peserta didik dibagi menjadi kelompok yang disesuaikan dengan hasil kemampuan tes; (3) Tindakan setiap kelompok yang telah dibagi kemudian diberikan tindakan dengan menyesuaikan karakteristik masing-masing peserta didik; (4) Achievement tes peserta didik diuji berdasarkan perlakuan pembelajaran yang dilakuakan untuk kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Adapun hasil peningkatan (1) hasil pengamatan aktivitas pendidik yang dilakukan selama siklus pertama dan siklus kedua mencapai 94,81%; (2) hasil pengamatan aktivitas peserta didik yang dilakukan pada siklus pertama dan siklus kedua mencapai 88,01%; (3) hasil tes akhir yang dilakukan pada siklus pertama dan siklus kedua mencapai 88,26%; (4) hasil tanggapan peserta didik yang diperoleh dari hasil wawancara terhadap enam peserta didik pada setiap siklus pertama dan siklus kedua mencapai 100%. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Aptitude Treatment Interaction, dan Media Alat Peraga.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-02-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5982
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5982/4933
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran