Record Details

PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SMP NEGERI 14 MALANG

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SMP NEGERI 14 MALANG
 
Creator Lutfiyah, Lailatul
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika dan kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, pada materi aritmetika sosial di SMP Negeri 14 Malang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 14 Malang, sampelnya diambil satu kelas. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah instrumen kuesioner dan tes. Instrumen kuesioner terdiri dari kuesioner kecemasan matematika dan kuesioner kepercayaan diri. Instrumen tes berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Skor kuesioner kecemasan matematika dan kepercayaan diri yang merupakan data ordinal di transformasi menjadi data interval dengan menggunakan MSI. Kemudian dilakukan uji normalitas data sebagai syarat uji statistik parametrik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Teknik analisis data ini dilakukan dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh bermakna kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang bersifat negatif. Artinya semakin tinggi kecemasan matematika siswa maka kemampuan pemecahan masalahnya semakin rendah, besar pengaruhnya adalah 42,9%. Selanjutnya ada pengaruh bermakna kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang bersifat positif. Artinya semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka semakin tinggi pula kemampuan pemecahan masalah matematisnya, besar pengaruhnya adalah 83%. Yang terakhir ada pengaruh bermakna kecemasan matematika dan kepercayaan diri secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, besar pengaruhnya adalah 85,8%. Kata kunci: kecemasan matematika, kepercayaan diri, pemecahan masalah, aritmetika sosial
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-07-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3702
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3702/3364
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran