PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SMP NEGERI 14 MALANG
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SMP NEGERI 14 MALANG
|
|
Creator |
Lutfiyah, Lailatul
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika dan kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, pada materi aritmetika sosial di SMP Negeri 14 Malang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 14 Malang, sampelnya diambil satu kelas. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah instrumen kuesioner dan tes. Instrumen kuesioner terdiri dari kuesioner kecemasan matematika dan kuesioner kepercayaan diri. Instrumen tes berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Skor kuesioner kecemasan matematika dan kepercayaan diri yang merupakan data ordinal di transformasi menjadi data interval dengan menggunakan MSI. Kemudian dilakukan uji normalitas data sebagai syarat uji statistik parametrik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Teknik analisis data ini dilakukan dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh bermakna kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang bersifat negatif. Artinya semakin tinggi kecemasan matematika siswa maka kemampuan pemecahan masalahnya semakin rendah, besar pengaruhnya adalah 42,9%. Selanjutnya ada pengaruh bermakna kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang bersifat positif. Artinya semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka semakin tinggi pula kemampuan pemecahan masalah matematisnya, besar pengaruhnya adalah 83%. Yang terakhir ada pengaruh bermakna kecemasan matematika dan kepercayaan diri secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, besar pengaruhnya adalah 85,8%. Kata kunci: kecemasan matematika, kepercayaan diri, pemecahan masalah, aritmetika sosial
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-07-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3702
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3702/3364
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|