Record Details

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBANTUAN MEDIA CARD SORT PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII SMPN 1 DAU

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBANTUAN MEDIA CARD SORT PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII SMPN 1 DAU
 
Creator Marita, Beginna Kurnia
 
Description Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui model pembelajaran quantum berbantuan media card sort dengan model pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui mana yang lebih baik antara kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui model pembelajaran quantum berbantuan media card sort dengan model pembelajaran konvensional; (3) untuk mendeskripsikan analisis antara kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui model pembelajaran quantum berbantuan media card sort. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan metode campuran (mixed method) dengan jenis sequential explanatory design. Sampel dalam penelitian kuantitatif diperoleh kelas VII B (kelas eksperimen) dan kelas VII A (kelas kontrol). Subjek penelitian kualitatif berjumlah tiga peserta didik dari masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan ketentuan satu peserta didik berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah untuk masing-masing kemampuan komunikasi matematis. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dan hasil observasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) dengan menggunakan softwere SPSS 23 diperoleh nilai Sig = 0,001 < 0,05 untuk uji hipotesis dua pihak kemampuan komunikasi matematis, sehingga H0 ditolak yang dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol;  (2) thitung > ttabel, yaitu 3,501 > 1,686 untuk uji hipotesis satu pihak kemampuan komunikasi matematis, sehingga H0 ditolak yang dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. (3) hasil wawancara peserta didik menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih menguasai indikator kemampuan komunikasi matematis daripada kelas kontrol dan hasil observasi kegiatan guru dan peserta didik diketahui bahwa kegiatan pembelajaran pada kelas eksperimen sudah dilakukan dengan sangat baik dan kegiatan pembelajaran pada kelas kontrol sudah dilakukan dengan baik.Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Quantum, Media Card Sort.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-07-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/4943
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/4943/4468
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran