PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FSLC TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA PADA MATERI SETATISTIKA KELAS VIII MTS NUSANTARA SUKODADI LAMONGAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FSLC TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA PADA MATERI SETATISTIKA KELAS VIII MTS NUSANTARA SUKODADI LAMONGAN TAHUN AJARAN 2017/2018
|
|
Creator |
Ndari, Emi Wulan
|
|
Description |
AbstrakPenelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe FSLC (Formulate Sahre Listen Create) terhadap kemampuan penalaran matematik pada materi statistika kelas VIII MTs Nusantara Sukodadi Lamongan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experimental design. Dengan bentuk pretest-posttes nonequivalent control group design. Sampel dipilih melalui teknik Cluster Random Sampling diperoleh kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data diperoleh dari nilai tes kemampuan penalaran matematik siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan setelah dilakukan uji hipotesis dengan Independent Sampel Test diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 70,00 dan kelas kontrol sebesar 52,65 dengan nilai sig 2-tailed = 0,000 > 0,05 yang berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe FSLC (Formulate Sahre Listen Create) terhadap kemampuan penalaran matematik. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak untuk mengetahui kelas mana yang memiliki kemampuan penalaran matematik yang lebih baik, maka dengan perhitungan manual diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 40,27918766 > 1,675 yang berarti kemampuan penalaran matematik siswa kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC (Formulate Sahre Listen Create) lebih baik dari pada kelas kontrol yan diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.Kata-kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe FSLC, kemampuan penalaran matematik.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-02-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2502
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2502/2333
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|