ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK
|
|
Creator |
Wardani, Dini Amalia
Fathani, Abdul Halim Alifiani, Alifiani |
|
Description |
Abstrak : Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang harus dikuasai peserta didik, karena sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi berkaitan dengan matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah kecerdasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahaman masalah matematis dalam menyelesaikan soal AKM peserta didik berdasarkan kecerdasan dominan verbal linguistik. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 2 peserta didik yang didasarkan atas hasil pengisian angket kecerdasan majemuk dan hasil jawaban tes soal AKM. Subjek penelitian terpilih adalah subjek dengan kecerdasan dominan verbal linguistik – logis matematis dan subjek dengan kecerdasan dominan verbal linguistik – visual spasial. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara, dengan instrumen soal tes AKM, angket kecerdasan majemuk, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa peserta didik dengan tipe kecerdasan verbal linguistik – logis matematis dan kecerdasan verbal linguistik – visual spasial mampu menyelesaikan masalah matematika pada soal AKM. Peserta didik memenuhi seluruh indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Peserta didik tipe kecerdasan verbal linguistik – logis matematis lebih unggul dari pada tipe kecerdasan yang lain dan peserta didik menyelesaikan dengan teliti dan tepat dengan waktu yang tidak lama. Peserta didik dengan tipe kecerdasan verbal linguistik – visual spasial lebih memahami masalah menggunakan visual/gambar yang ada pada soal masalah.Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, AKM, Kecerdasan Majemuk
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
Universitas Islam Malang
|
|
Date |
2021-07-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12486
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12486/9669
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/12486/1631 |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|