Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII
|
|
Creator |
Sa'idah, Nilna Masrurotus
-, Mustangin - Walida, Sikky El |
|
Description |
Abstrak Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan video animasi pembelajaran bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada materi bangun datar segi empat kelas VII. Video animasi pembelajaran ini dikembangkan agar motivasi dan minat belajar matematika peserta didik meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yakni define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan dissemnination (penyebaran). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah sembilan peserta didik MTs An-Nur Bululawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (analisis kebutuhan, analisis karakteristik, dan motivasi belajar peserta didik, validasi ahli materi, validasi ahli media, validasi ahli desain, praktisi, dan pengguna). Instrumen angket penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif tentang validitas produk. Data hasil uji coba dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa video animasi bermuatan PPK, 4C, dan HOTS termasuk dalam kategori baik. Hal tersebut didapatkan dari hasil validasi empat validator dengan rata-rata nilai 3,69 dengan kriteria “valid” untuk semua aspek dan hasil penilaian pengguna oleh sembilan peserta didik kelas VII dengan rata-rata nilai 3,67 dengan kriteria ”valid” untuk semua aspek. Kata Kunci: pengembangan, video animasi pembelajaran, PPK, 4C, HOTS, bangun datar segi empat Abstract The purpose of this research and development is to produce instructional animation videos with PPK, 4C, and HOTS on the material of class VII rectangular flat shapes. Animated learning videos are developed so that students' motivation and interest in learning mathematics increases. This research is a development research that refers to the 4D development model, namely define, design, development, and dissemination. The trial subjects in this study were nine MTs students. An-Nur Bululawang. The data collection technique used was a questionnaire (needs analysis, analysis of the characteristics and learning motivation of students, validation of material experts, validation of media experts, validation of design experts, practitioners, and users). The research questionnaire instrument was used to collect quantitative and qualitative data about the validity of the product. Trial data were analyzed using descriptive statistics. The results of development research show that the animated videos with the content of PPK, 4C, and HOTS are in the good category. This was obtained from the results of the validation of four validators with an average value of 3.69 with the criteria "valid" for all aspects and the results of user assessments by nine class VII students with an average value of 3.67 with the criteria "valid" for all aspects. Keywords: development, instructional animation video, PPK, 4C, HOTS, rectangular flat shape
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-08-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8066
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8066/6693
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|