Record Details

PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 MALANG

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 MALANG
 
Creator Dhamayanty, Ardhea Citra
 
Description Abstrak: Kurangnya buku pengayaan yang sesuai untuk peserta didik dalam kegiatan literasi membaca di sekolah membuat wawasan peserta didik sedikit terbatas. Keanekaragaman budaya Nusantara dapat dijadikan bahan bacaan yang menarik untuk peserta didik. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku pengayaan berbasis multikultural untuk meningkatkan literasi membaca siswa. Secara khusus, adalah untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan, proses pengembangan produk buku pengayaan, dan uji kelayakan buku pengayaan berbasis multikultural untuk meningkatkan literasi membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) model adaptasi dari Borg and Gall sejumlah tujuh tahapan. Hasil pengembangan ini yaitu (1) analisis kebutuhan peserta didik sebesar 81,25% membutuhkan  buku pengayaan dan analisis kebutuhan pendidik sebesar 100% membutuhkan buku pengayaan berbasis multikultural untuk kegiatan literasi, (2) tujuh tahap pengembangan buku pengayaan meliputi tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, tahap validasi desain, tahap perbaikan desain, tahap uji coba produk dan, tahap revisi atau penyempurnaan produk, dan hasil pengembangan berupa buku pengayaan berbentuk e-book yang berjudul Ragam Kisah Nusantara, dan (3) uji ahli materi produk mendapat hasil sebesar 70%, ahli bahasa dan kegrafikaan mendapat hasil sebesar 86,1%, dan uji praktisi sebesar 78,57%. Dan hasil respon siswa sebesar 90,4%. Dengan ini dapat disimpulkan produk buku pengayaan layak digunakan dengan perbaikan.Kata kunci: pengembangan, buku pengayaan, multikultural, literasi membaca
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-08-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/7423
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/7423/6136
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran