PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS REALSTIK PADA MAERI ARITMATIKA KELAS VII SMP
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS REALSTIK PADA MAERI ARITMATIKA KELAS VII SMP
|
|
Creator |
Andriani, Siti
Sunismi, Sunismi |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif berbasis realistik. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan yaitu model Four-D (4-D), yang memiliki empat tahap utama yaitu: (1) Define (Pendefinisian/Kajian Awal), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), dan (4) Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini menghasilkan sebuah video pembelajaran matematika interaktif berbasis realistik yang telah dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh validator ahli media, ahli materi, praktisi dan user diperoleh rata-rata kevaidan 3,39. Persentase skor hasil observasi angket kebutuhan guru diperoleh persentase sebanyak 100% dan 70,0% peserta didik menyatakan setuju jika media pembelajaran yang ada disekolah. Maka dari data diatas dapat disimpulkan bahwa dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil pengembangan video pembelajaran inteaktif berbasis realistik memenuhi krteria media pembelajaran yang valid. This study aims to develop realistic interactive learning videos. This study uses a development research model, namely the Four-D (4-D) model, which has four main stages, namely: (1) Define (Initial Definition), (2) Design (3), (3) Develop (Development) , and (4) Disseminate. This study resulted in a realistic interactive mathematics learning video that has been declared valid and feasible to be used as a learning medium by the media expert validator, material expert, practitioner and user, obtained an average of 3.39. The percentage score of the questionnaire observation needs of the teacher obtained a percentage of 100% and 70.0% of students agreed if the learning media were in school. So from the above data it can be concluded that from this study shows that the results of the development of realistic active-based learning videos meet the validity of learning media. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video, Interaktif, Realistik, Aritmatika Sosial.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-07-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3815
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3815/3418
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|