ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA MATERI PELUANG PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 ARJASA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA MATERI PELUANG PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 ARJASA
|
|
Creator |
Safitri, Ira
Abidin, Zainal Syaifuddin, Syaifuddin |
|
Description |
Abstrak : Tujuan dalam penelitian ini meliputi: (1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memiliki self confidence tinggi pada materi peluang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Arjasa; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memiliki self confidence sedang pada materi peluang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Arjasa; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memiliki self confidence rendah pada materi peluang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Arjasa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Arjasa dengan subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik yang dipilih berdasarkan klasifikasi tingkat self confidencenya. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Selain itu, analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) peserta didik yang memiliki self confidence tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi peluang, sehingga peserta didik kategori self confidence tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis yang sangat baik; (2) peserta didik yang memiliki self confidence sedang mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi peluang, sehingga peserta didik kategori self confidence sedang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis yang baik; (3) peserta didik yang memiliki self confidence rendah mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi peluang, sehingga peserta didik kategori self confidence rendah memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis yang cukup baik.Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif matematis, self confidence, peluang
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
Universitas Islam Malang
|
|
Date |
2021-11-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13927
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13927/10709
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|