Record Details

Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Pola Bilangan Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Ma'arif 02 Malang

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Pola Bilangan Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Ma'arif 02 Malang
 
Creator Pujiastuti, Rita Yani
Abidin, Zainal
Faradiba, Surya Sari
 
Description Abstrak : Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam melakukan representasi matematis berdasarkan gaya kognitif; 2) mendeskripsikan tingkat kemampuan representasi matematis berdasarkan gaya kognitif pada materi pola bilangnan peserta didik kelas VIII SMP. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas VIII SMP Islam Ma'arif 02 Malang. Subjek penelitian yang dipilih berdasarkan tipe gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent yang menjawab soal tes dengan jawaban unik/khas. Teknik pengumpulan data berupa tes GEFT, tes kemampuan representasi, dan wawancara. Hasil penelitian didapat: 1) cara-cara yang dilakukan subjek field independent memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematis dengan jawaban benar, sedangkan cara-cara yang dilakukan field dependent memenuhi sebagian indikator kemampuan representasi matematis dengan jawaban benar; 2) tingkat kemampuan representasi matematis subjek field independent tergolong pada tingkat sedang dengan rata-rata nilai yang diperoleh 94,79, sedangkan tingkat kemampuan representasi matematis subjek field dependent tergolong pada tingkat rendah dengan nilai yang diperoleh 50,9.Kata kunci: kemampuan representasi matematis, gaya kognitif, pola bilangan
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2021-06-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10738
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10738/8786
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran