Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Pola Bilangan Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Ma'arif 02 Malang
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Pola Bilangan Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Ma'arif 02 Malang
|
|
Creator |
Pujiastuti, Rita Yani
Abidin, Zainal Faradiba, Surya Sari |
|
Description |
Abstrak : Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam melakukan representasi matematis berdasarkan gaya kognitif; 2) mendeskripsikan tingkat kemampuan representasi matematis berdasarkan gaya kognitif pada materi pola bilangnan peserta didik kelas VIII SMP. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas VIII SMP Islam Ma'arif 02 Malang. Subjek penelitian yang dipilih berdasarkan tipe gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent yang menjawab soal tes dengan jawaban unik/khas. Teknik pengumpulan data berupa tes GEFT, tes kemampuan representasi, dan wawancara. Hasil penelitian didapat: 1) cara-cara yang dilakukan subjek field independent memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematis dengan jawaban benar, sedangkan cara-cara yang dilakukan field dependent memenuhi sebagian indikator kemampuan representasi matematis dengan jawaban benar; 2) tingkat kemampuan representasi matematis subjek field independent tergolong pada tingkat sedang dengan rata-rata nilai yang diperoleh 94,79, sedangkan tingkat kemampuan representasi matematis subjek field dependent tergolong pada tingkat rendah dengan nilai yang diperoleh 50,9.Kata kunci: kemampuan representasi matematis, gaya kognitif, pola bilangan
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
Universitas Islam Malang
|
|
Date |
2021-06-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10738
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10738/8786
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|