Telaah Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Penyusunan Soal Bahasa Indonesia Program Inklusi SMKN 2 Malang
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Telaah Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Penyusunan Soal Bahasa Indonesia Program Inklusi SMKN 2 Malang
|
|
Creator |
Ifadah, Ayuni -
|
|
Description |
ABTRAK : Pelaksanaan pendidikan ini tidak hanya diberikan kepada peserta didik reguler, melainkan menyeluruh termasuk peserta didik yang diidentifikasi memiliki kelainan yaitu anak berkebutuhan khusus. Pemerintah telah mengupayakan pendidikan yang layak untuk anak berkebutuhan khusus. Terkelompok pada sistem pendidikah khusus atau pendidikan inklusi. Pendidikan kerap memiliki hubungan erat dengan kemampuan berpikir. Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah kegiatan berpikir yang tidak terpaku pada level hafalan dan penyampaian informasi yang telah diketahui, tetapi juga keahlian mengonstruksi, memahami, dan mengubah pengalaman untuk memecahkan permasalahan. Melatih peserta didik dalam berpikir tingkat tinggi berarti menyiapkan pribadi berkualitas diera global.Pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi dapat dilakukan dengan berbagai model, yaitu (1) kelas reguler (Inklusi Penuh), (2) kelas reguler dengan Cluster anak berkebutuhan khusus, (3) kelas reguler dengan Pull Out anak berkebutuhan khusus belajar bersama anak non berkebutuhan khusus, (4) kelas reguler dengan Cluster dan Pull Out anak berkebutuhan khusus belajar bersama anak non berkebutuhan khusus, (5) kelas khusus dengan berbagai pengintegrasian anak berkebutuhan khusus, (6) kelas khusus penuh anak berkebutuhan khusus belajar di dalam kelas khusus pada sekolah reguler.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan penyusunan soal HOTS pada Ujian Tengah Semester di program inklusi prodi Akomodasi Perhotelan.SMKN 2 Malang. Data yang dianalisis berjumlah 150 butir soal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus, yaitu metode yang melibatkan peneliti secara langsung untuk menganalisi data yang sedang diteliti. Setelah data terkumpul dari hasil pengamatan dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah konversi data, penyajian data, dan verifikasi data.Prasetyoningsih (2015) menyatakan anak dinyatakan sebagai Anak Berkebutuhan Khusus jika terdapat gangguan mengenai tumbuh kembang yang ditandai adanya hambatan yang dominan pada kemampuan berkomunikasi. Identifikasi tersebut jika anak mengalami gangguan diantaranya sebagai berikut (1) keterlambatan perkembangan bahasa dan kesulitan atau ketidakmampuan berkomunikasi, (2) menggunakan kata-kata tetapi tidak memahami maksudya, (3) tidak mampu memahami isyarat tubuh atau nonverbal, termasuk memahami perasaan atau empati orang lain, dan (4) kata-katanya tidak dimengerti oleh orang lain. Poin-poin tersebut dapat menjadi pedomana proses identifikasi siswa ABK pada saat penyaringan siswa di sekolah program inklusiHasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyusunan soal berbasis HOTS cukup diimplementasikan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Telah memenuhi indikator kognitif HOTS. Indikator yang sering ditemykan kurang memenuhi dalam penelitian ini adalah indikator pemenuhan syarat mengenai pemberian stimulus pada soal yang sering kali belum menerapkan materi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa (pembelajaran kontekstual). Karakteristik soal yang diimplementasikan masih terbatas pada satu jenis yaitu pilihan ganda. Dari 150 soal terdapat 58 butir soal HOTS, 30 butir soal MOTS, 56 butir soal LOTS.Simpulan dari penelitian ini, penerapan butir soal HOTS masih harus diimplementasikan lebih sesuai dengan indikator penyusunan soal yang berstimulus kontekstual. Kesesuaian indikator HOTS pada butir soal memuhi hanya saja pada pembagian materi sedikit terbatas. Karakteristik soal menggunakan jenis soal satu jenis yaitu piihan ganda.Kata Kunci : analisis, HOTS, pendidikan inklusi
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-07-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6977
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6977/5736
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/6977/780 |
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|