Record Details

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DENGAN MEDIA QUESTION CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII-A SMP WAHID HASYIM MALANG

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DENGAN MEDIA QUESTION CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII-A SMP WAHID HASYIM MALANG
 
Creator Fitrianti, Ayunda
Abidin, Zainal
Alifiani, Alifiani
 
Description AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan media Question Card dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi statistika kelas VIII-A SMP Wahid Hasyim Malang. Pendekatan ini merupakan penelitian tindakan kelas yag dilakukan minimal 2 siklus dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian partisipan. Langkah-langkah pembelajaran diawali dengan peneliti melakukan apersepsi serta menyampaikan mekanisme pembelajaran, selanjutnya menyajikan materi, pembagian kelompok, membagikan kartu soal (question card) dan kartu jawaban, siswa mengerjakan permasalahan pada kartu soal (question card), mencari kartu jawaban yang cocok, menyimpulkan materi yang telah dipelajari serta memberikan apresiasi. Subyek penelitian tindakan kelas adalah kelas VIII-A SMP Wahid Hasyim Malang Tahun Ajaran 2018/2019 dengan jumlah 33 siswa. Peningkatan hasil analisis data setiap akhir siklus dapat dilihat dari: (1) persentase hasil tes akhir siklus I sebesar 66,67% meningkat menjadi 81,82% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 15,15%; (2) persentase hasil observasi guru sebesar 79,04% pada siklus I meningkat menjadi 94,28% pada siklus II dengan peningkatan 15,24%; (3) persentase hasil observasi siswa sebesar 75,235% pada siklus I meningkat menjadi 88,565% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 13,33%; (4) pada hasil wawancara siklus I menyatakan bahwa sebagian besar siswa kurang senang dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan media Question Card namun mengalami peningkatan pada siklus II menjadi hampir semua siswa senang dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan media Question Card (siswa senang 50%). Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, model kooperratif tipe Scramble, media Question Card
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-07-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3749
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3749/3407
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran