PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SUDUT KELAS VII SMP ISLAM PAITON
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SUDUT KELAS VII SMP ISLAM PAITON
|
|
Creator |
Huda, Moh Zainul
Rukmigarsari, Ettie Walida, Sikky El |
|
Description |
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa terhadap pemecahan masalah matematika, 2) menganalisis pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap pemecahan masalah matematika, dan 3) menganalisis pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Paiton Tahun Pelajaran 2020/2021. Pemilihan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang dipilih secara acak dari populasi yaitu kelas VIID yang terdiri dari 25 siswa dan kelas VIIE yang terdiri dari 25 siswa, kemudian dikurangi 15 siswa sebagai uji coba kuesioner. Dengan demikian, sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 35 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes soal. Teknik analisis data dilakukan melalui lima tahap, yaitu: uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dimana besar pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis adalah 60,8%. Selanjutnya, ada pengaruh secara signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dimana besar pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis adalah 29,3%. Terakhir, ada pengaruh secara signifikan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dimana besar pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis adalah 31,5%.Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sudut
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
Universitas Islam Malang
|
|
Date |
2022-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14967
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14967/11195
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/14967/2046 |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|