PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK TERHADAP SELF-CONCEPT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK TERHADAP SELF-CONCEPT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII
|
|
Creator |
Maulidiah, Ilmy
|
|
Description |
AbstrakTujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan self-concept pada siswa yang diberi dan tidak diberi model pembelajaran VAK; (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif yang diberi dan tidak diberi model pembelajaran VAK pada siswa kelas VII MTs KH Hasyim Asy`ari Pakisaji Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (kuantitatif) dengan desain penelitian true-eksperiment atau eksperimen sungguhan. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dengan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi software SPSS 20 windows adalah self-concept pada siswa diperoleh nilai pada kelas eksperimen (50,26 ± 12,245) dan kelas kontrol (49,65 ± 16,197) berarti ada perbedaan yang bermakna. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif matematika pada siswa diperoleh nilai pada kelas eksperimen (73,43 ± 12,213) dan kelas kontrol (62,04 ± 5,440) berarti ada perbedaan yang bemakna. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran VAK memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi daripada menggunakan model konvensional. Kata Kunci: model pembelajaran Visual, Auditori, dan Kinestetik (VAK), self-concept, kemampuan berpikir kreatif
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-02-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2507
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2507/2338
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|