Record Details

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK TERHADAP SELF-CONCEPT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK TERHADAP SELF-CONCEPT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII
 
Creator Maulidiah, Ilmy
 
Description AbstrakTujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan self-concept pada siswa yang diberi dan tidak diberi model pembelajaran VAK; (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif yang diberi dan tidak diberi model pembelajaran VAK pada siswa kelas VII MTs KH Hasyim Asy`ari Pakisaji Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (kuantitatif) dengan desain penelitian true-eksperiment atau eksperimen sungguhan. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dengan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi software SPSS 20 windows adalah self-concept pada siswa diperoleh nilai pada kelas eksperimen (50,26 ± 12,245) dan kelas kontrol (49,65 ± 16,197) berarti ada perbedaan yang bermakna. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif matematika pada siswa diperoleh nilai pada kelas eksperimen (73,43 ± 12,213) dan kelas kontrol (62,04  ± 5,440)  berarti ada perbedaan yang bemakna. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran VAK memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi daripada menggunakan model konvensional. Kata Kunci: model pembelajaran Visual, Auditori, dan Kinestetik (VAK), self-concept, kemampuan berpikir kreatif 
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2507
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2507/2338
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran