KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL MIND MAPPING DAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL MIND MAPPING DAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK
|
|
Creator |
Safii, Muhamad
|
|
Description |
AbstrakTujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran mind mapping dengan strategi active knowledge sharing dan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui manakah kemampuan berpikir kreatif yang lebih baik antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran mind mapping dengan strategi active knowledge sharing dan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran mind mapping dengan strategi active knowledge sharing. Pendekatan yang digunakan yaitu mixed method research jenis sequential explanatory design. Tahap pertama pada penelitian kuantitatif menggunakan desain true experimental. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Analisis data kuantitatif menggunakan uji-t dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas varians. Sedangkan pada tahap kedua yaitu penelitian kualitatif menggunakan desain deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif diperoleh sebagai berikut: (1) uji hipotesis dua pihak kemampuan berpikir kreatif disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; (2) uji hipotesis satu pihak kemampuan berpikir kreatif kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (3) Berdasarkan hasil analisis hasil wawancara dan observasi menghasilkan bahwa subjek yang berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model mind mapping dengan strategi active knowledge sharing lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
Universitas Islam Malang
|
|
Date |
2019-07-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3916
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3916/3456
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/3916/389 |
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|