Record Details

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL MIND MAPPING DAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL MIND MAPPING DAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK
 
Creator Safii, Muhamad
 
Description AbstrakTujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran mind mapping dengan strategi active knowledge sharing dan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui manakah kemampuan berpikir kreatif yang lebih baik antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran mind mapping dengan strategi active knowledge sharing dan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran mind mapping dengan strategi active knowledge sharing. Pendekatan yang digunakan yaitu mixed method research jenis sequential explanatory design. Tahap pertama pada penelitian kuantitatif menggunakan desain true experimental. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Analisis data kuantitatif menggunakan uji-t dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas varians. Sedangkan pada tahap kedua yaitu penelitian kualitatif menggunakan desain deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif diperoleh sebagai berikut: (1) uji hipotesis dua pihak kemampuan berpikir kreatif disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; (2) uji hipotesis satu pihak kemampuan berpikir kreatif kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (3) Berdasarkan hasil analisis hasil wawancara dan observasi menghasilkan bahwa subjek yang berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model mind mapping dengan strategi active knowledge sharing lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2019-07-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3916
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3916/3456
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/3916/389
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran