Record Details

KARAKTERISASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PLUS ZAINUL HASAN PADA PEMECAHAN MASALAH STATISTIKA

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KARAKTERISASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PLUS ZAINUL HASAN PADA PEMECAHAN MASALAH STATISTIKA
 
Creator Wahidah, Fifi Maulidatil
Faradiba, Surya Sari
Nursit, Isbadar
 
Description Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakterisasi kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Plus Zainul Hasan pada pemecahan masalah statistika. Indikator kemampuan penalaran dengan menggunakan tahapan pemecahan masalah, yaitu pada tahap memahami masalah memuat indikator menyajikan pernyataan matematika secara tertulis gambar dan grafik, pada tahap meyusun rencana memuat indikator melakukan manipulasi, pada tahap melaksanakan rencana memuat indikator memberikan alasan atau bukti, pada tahap memeriksa kembali memuat indikator menarik kesimpulan dan memeriksa keshahihan argumen. Fokus penelitian adalah menganalisis karakterisasi kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Plus Zainul Hasan pada pemecahan masalah statistika. Jenis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas VII yang dipilih berdasarkan tingkat kemampuan penalaran matematis siswa yang didapatkan dari hasil tes kemampuan penalaran matematis. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan penalaran matematis, lembar pedoman observasi dan lembar pedoman wawancara. Penelitian ini dilakukan melalui luring pada tanggal 29 mei sampai dengan 5 juni. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa subjek 1 (kemampuan penalaran tinggi) mampu menunjukkan indikator menyajikan pernyataan matematika secara tertulis gambar dan grafik, melakukan manipulasi, memberikan alasan atau bukti, menarik kesimpulan dan memeriksa keshahihan argumen; subjek 2 (kemampuan penalaran sedang) mampu menunjukkan indikator menyajikan pernyataan matematika secara tertulis gambar dan grafik, melakukan manipulasi, memberikan alasan atau bukti, dan memeriksa keshahihan argumen; subjek 3 (kemampuan penalaran rendah) mampu menunjukkan indikator menyajikan pernyataan matematika secara tertulis gambar dan grafik, melakukan manipulasi.Kata kunci: penalaran matematis, pemecahan masalah, statistika
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2021-07-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12155
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12155/9501
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran