KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII
|
|
Creator |
Andayani, Demas Tri
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis siswa pada kelas VIII materi kubus dan balok melalui model pembelajaran advance organizer dan model pembelajaran konvensional, mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis siswa pada kelas VIII materi kubus dan balok melalui model pembelajaran advance organizer dan model pembelajaran konvensional, dan mendeskripsikan hasil analisis tentang kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis siswa kelas VIII materi kubus dan balok melalui model pembelajaran advance organizer dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method desain sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, Sampel penelitian siswa kelas VIII B dan kelas VIII B. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif uji statistik menggunakan SPSS 23 dengan diperoleh kesimpulan ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran advance organizer dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran advance organizer lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran advance organizer dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/4948
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
id
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/4948/525
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/4948/526 |
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|