Record Details

PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL REMAP TPSS PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL REMAP TPSS PADA MATERI KUBUS DAN BALOK
 
Creator Rahman, Moh Arisyur
Sunismi, Sunismi
Nursit, Isbadar
 
Description Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Untuk mengetahui adanya perbedaan pemahaman konsep peserta didik antara pembelajaran yang menggunakan model REMAP TPSS  dengan metode konvensional; (2) Untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan berikir kritis peserta didik antara pembelajaran yang menggunakan model REMAP TPSS dengan metode konvensional; (3) Untuk mendeskripsikan secara lebih detail pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara pembelajaran yang menggunakan model REMAP TPSS dengan metode konvensional; (4) Untuk mendeskripsikan keterkaitan antara data kuantitatif dan kualitatif terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan pembelajaran yang menggunakan model REMAP TPSS. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mix methods dengan desain sequential explanatory. Populasi pada penelitian kuantitatif ini sebanyak 138 peserta didik kelas VIII SMPN 1 Rembang Pasuruan dengan sampel penelitian yaitu VIII-C dan VIII-D dan menggunakan teknik cluster random sampling. Sedangkan pada penelitian kualitatif teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari: tes, lembar observasi, lembar catatan lapangan, dan pedoman wawancara. Pada penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara pembelajaran yang menggunakan model REMAP TPSS dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan model REMAP TPSS
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-07-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3829
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3829/3431
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran