Record Details

ANALISIS DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN TIPE SOAL PWCI (PROBLEMS WITH CONTRADICTORY INFORMATION)

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN TIPE SOAL PWCI (PROBLEMS WITH CONTRADICTORY INFORMATION)
 
Creator Mutmainah, Syifa
Faradiba, Surya Sari
Alifiani, Alifiani
 
Description Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi proses disposisi berpikir kritis matematis peserta didik dengan tipe soal PWCI (Problems with Contradictory Information). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek yang diteliti sebanyak empat peserta didik kelas XI SMA/MA Sederajat dengan instrumen soal non-routine dengan tipe soal PWCI. Pemilihan subjek penelitian dilakukan secara purposive yaitu pemilihan dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan lembar solusi subjek dalam menyelesaikan masalah matematis PWCI (Problems with Contradictory Information). Setiap langkah diidentifikasi ada/tidaknya indikator disposisi berpikir kritis matematis pada skala instrument CCTDI (California Critical Thinking Disposition Inventory). Temuan dan pembahasan subjek dengan gambar hasil penyelesaian subjek dan cuplikan saat kegiatan wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa masing-masing subjek penelitian memenuhi semua indikator disposisi berpikir kritis pada skala instrument CCTDI (California Critical Thinking Disposition Inventory) dengan cara menyelesaikan masalah matematis PWCI (Problems with Contradictory Information).
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2021-01-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/9740
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/9740/7717
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/9740/1165
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/9740/1166
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran