PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII MTS NEGERI 2 KOTA MALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII MTS NEGERI 2 KOTA MALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
|
|
Creator |
Agustina, Sella Yolanda
|
|
Description |
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemahaman konsep dan kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran meaningful instructional design dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional serta mendeskripsikan keterkaitan hasil analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif pemahaman konsep dan kemampuan koneksi matematis antar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran meaningful instructional design dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi persamaan garis lurus kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed research)dengan desain sequential explanatory. Sampel dalam penelitian kuantitatif adalah peserta didik kelas VIII G (kelas eksperimen) dan VIII F (kelas kontrol). Sedangkan dalam penelitian kualitatif sampel yang digunakan adalah tiga peserta didik yang memiliki pemahaman konsep dan koneksi matematis yang tinggi, sedang, dan rendah pada masing-masing kelas sampel. Data kuantitatif diperoleh dengan teknik tes, sedangkan data kualitatif diperoleh dengan teknik observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil analisis data kuantitatif menggunakan uji-t dua pihak dengan bantuan Software SPSS 20 bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep dan kemampuan koneksi matematis dengan taraf signifikansi 5% antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan hasil analisis data kualitatif menunjukkan bahwa persentase penguasaan pemahaman konsep dan kemampuan koneksi matematis sebesar 86,36% kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol sebesar 68,18% dan kemampuan koneksi matematis 63,64% untuk kelas kontrol. Dengan demikian, penelitian kualitatif dapat membuktikan, melengkapi, dan memperkuat data kuantitatif pemahaman konsep dan kemampuan koneksi matematis peserta didik pada penelitian kuantitatifKata-kata kunci: model pembelajaran meaningful instructional design, pemahaman konsep, dan kemampuan koneksi matematis
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-02-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2530
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2530/2360
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|