KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBANTUAN MEDIA CARD SORT PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII SMPN 1 DAU
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBANTUAN MEDIA CARD SORT PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII SMPN 1 DAU
|
|
Creator |
Marita, Beginna Kurnia
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui model pembelajaran quantum berbantuan media card sort dengan model pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui mana yang lebih baik antara kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui model pembelajaran quantum berbantuan media card sort dengan model pembelajaran konvensional; (3) untuk mendeskripsikan analisis antara kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui model pembelajaran quantum berbantuan media card sort. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan metode campuran (mixed method) dengan jenis sequential explanatory design. Sampel dalam penelitian kuantitatif diperoleh kelas VII B (kelas eksperimen) dan kelas VII A (kelas kontrol). Subjek penelitian kualitatif berjumlah tiga peserta didik dari masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan ketentuan satu peserta didik berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah untuk masing-masing kemampuan komunikasi matematis. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dan hasil observasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) dengan menggunakan softwere SPSS 23 diperoleh nilai Sig = 0,001 < 0,05 untuk uji hipotesis dua pihak kemampuan komunikasi matematis, sehingga H0 ditolak yang dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; (2) thitung > ttabel, yaitu 3,501 > 1,686 untuk uji hipotesis satu pihak kemampuan komunikasi matematis, sehingga H0 ditolak yang dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. (3) hasil wawancara peserta didik menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih menguasai indikator kemampuan komunikasi matematis daripada kelas kontrol dan hasil observasi kegiatan guru dan peserta didik diketahui bahwa kegiatan pembelajaran pada kelas eksperimen sudah dilakukan dengan sangat baik dan kegiatan pembelajaran pada kelas kontrol sudah dilakukan dengan baik.Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Quantum, Media Card Sort.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-02-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/4949
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/4949/4905
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|