Record Details

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN MEDIA LKPD PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 1 TUTUR PASURUAN

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN MEDIA LKPD PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 1 TUTUR PASURUAN
 
Creator Mayasari, Linda
 
Description AbstrakKemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah. Upaya untuk memperbaiki kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat oleh guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran scramble dengan menggunakan media LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mix methods) dengan desain penelitian sequential explanatory. Desain penelitian kuantitatif yang digunakan adalah desain quasi eksperimental. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes kemampuan awal (pretest) dan hasil tes kemampuan akhir (posttest) pemecahan masalah matematis siswa. Hasil uji normalitas data pretest menunjukkan nilai Sig. untuk kelas eksperimen adalah 0.107 > 0.05 dan nilai Sig. untuk kelas kontrol adalah 0.066 > 0.05 yang berarti kedua kelas adalah kelompok yang berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai Sig. 0.988 > 0.05 yang berarti kedua varians homogen. Hasil uji kesamaan rata-rata diperoleh nilai Sig. = 0.316 > 0.05 maka H0 diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hasil uji normalitas data posttest menunjukkan nilai Sig. untuk kelas eksperimen adalah 0.080 > 0.05 dan nilai Sig. untuk kelas kontrol adalah 0.076 > 0.05 yang berarti kedua kelas adalah kelompok yang berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai Sig. 0.061 > 0.05 yang berarti kedua varians homogen. Hasil uji hipotesis data posttest menggunakan Independent Sample t Test diperoleh nilai  Sig. = 0.002 < 0.05 maka  H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran scramble dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Berdasarkan analisis data kualitatif yang diperoleh dari wawancara dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi telah memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis sedang hanya dapat memenuhi tiga indikator, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah hanya dapat memenuhi satu indikator saja. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran scramble dengan media LKPD termasuk dalam kategori sedang, hal itu dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai posttest yang menunjukkan nilai 80.07. Dari beberapa analisis data tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat setelah penerapan model pembelajaran scramble dengan media LKPD.Kata-kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, model pembelajaran scramble, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2519
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2519/2349
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran