Record Details

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL (HOTS) HIGH ORDER THINKING SKILL DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP BADRIDDUJA FULL DAY SCHOOL

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL (HOTS) HIGH ORDER THINKING SKILL DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP BADRIDDUJA FULL DAY SCHOOL
 
Creator Dwiyana, Sinta
Surahmat, Surahmat
Fuady, Anies
 
Description Abstrak : NCTM (2020) mengatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki peserta didik, karena kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal HOTS (High Order Thinking Skill) ditinjau dari minat belajar pada materi himpunan kelas VII SMP Badridduja Full Day School. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif  kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara purposive (bertujuan). Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas VII B SMP Badridduja Full Day School.  Instrumen yang digunakan antara lain angket minat belajar, soal tes yang berupa soal HOTS (High Order Thinking Skill), dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan peserta didik dengan klasifikasi minat belajar tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS yakni mampu memenuhi semua indikator menurut Polya, Peserta didik  dengan klasifikasi minat belajar sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sedang dalam menyelesaikan soal HOTS yakni mampu memenuhi 2 dari 4  indikator menurut Polya. Peserta didik dengan klasifikasi minat belajar rendah juga memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah dalam menyelesaikan soal HOTS yakni mampu memenuhi 1 dari 4  indikator menurut Polya.Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, HOTS (High Order Thinking Skill), Minat Belajar
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2022-01-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14651
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14651/11006
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran